Urutan Prioritas dan Pemenuhan Kuota Calon Peserta Sertifikasi 2014

Sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu, bahwa daftar calon peserta pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2014 akan diumumkan pada tanggal 15 Maret 2014 kemarin. Namun hingga hari ini (17 Maret 2014), daftar calon peserta PLPG masih belum ada di laman sergur.kemdiknas.go.id. Namun berdasarkan informasi yang kami perolah pada hari ini (tanggal 17 Maret 2014), bahwa ada beberapa hal mengenai Urutan Prioritas Calon Peserta PLPG 2014 yang wajib dan layak bapak/ibu guru ketahui karena terkait dengan persiapan data calon peserta PLPG 2014 itu sendiri. Beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut.

  • Peserta PLPG yang gagal di 2013, kecuali peserta PLPG yang berstatus Diskualifikasi. Yang akan menempati urutan pertama sekaligus menjadi prioritas sebagai calon peserta PLPG 2014 adalah peserta PLPG yang tidak lulus pada pelaksanaan PLPG 2013. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi peserta plpg tahun 2013 yang didiskualifikasi oleh LPTK karena hal-hal khusus.
  • Diambil dari Padamu per 13 Pebruari 2014. Data calon peserta PLPG tahun 2014 akan diambil dari data PADAMU NEGERI yang telah diupdate sebelum taggal 14 Pebruari 2014.
  • Apabila kuota masih belum mencukupi maka akan diambil dari PADAMU NEGERI yang terbaru. Sebagaimana kita ketahui bahwa jumlah kuota peserta sertifikasi 2014 adalah sebanyak 150.000 orang peserta. Untuk mengantisipasi kuota yang tidak terpenuhi, maka BPSDMPK PMP akan mengambil data tambahan melalui PADAMU NEGERI yang telah diupdate setelah tanggal 13 Pebruari 2014 apabila data calon peserta yang memenuhi syarat tidak mencapai angka 150.000. karenanya, masih terbuka peluang bagi guru-guru yang belum bersertifikasi, tetapi data di AP2SG kemarin masih belum memenuhi syarat disebabkan keterlambatan perbaikan dan perubahan data di PADAMU.

Mengingat bahwa daftar calon peserta sertifikasi guru 2014 akan diumumkan pada bulan Maret 2014 ini, maka kepada seluruh guru yang belum bersertifikat pendidik agar segera melakukan perubahan dan perbaikan data di PADAMU NEGERI agar dapat terjaring menjadi calon peserta sertifikasi guru 2014 apabila kuota sertifikasi tidak terpenuhi. Tentu saja dengan melihat persyaratan umum peserta sertifikasi guru 2014. Beberapa data penting yang harus diubah di PADAMU NEGERI apabila  data di AP2SG salah adalah :

  1. Data TMT pendidik dimana TMT pendidik harus terhitung sebelum 30 Desember 2005. Jika data TMT bapak/ibu guru sebenarnya sebelum 30 Desember2005 dengan dibuktikan SK pengangkatan sebagai guru sementara data di PADAMU NEGERI salah/lebih muda dari tanggal tersebut, maka lakukan perubahan TMT pendidik.
  2. Data pendidikan terakhir. Peserta sertifikasi guru 2014 minimal harus S1/DIV. Jika bapak/ibu guru sudah berlatar pendidikan akademis S1/DIV dibuktikan dengan Ijazah S1/DIV, sementara data di PADAMU NEGERI belum S1, maka segera lakukan perubahan data pendidikan menjadi S1/DIV.
  3. Data status pegawai. Saat ini yang dapat diikut sertakan sebagai calon peserta sertifikasi guru 2014 adalah CPNS/PNS/GTY dengan SK ketua yayasan/Honda dengan SK kepala daerah. Apabila bapak/ibu memiliki SK seperti yang disebutkan sementara data di PADAMU NEGERI tercatat sebagai GTT, maka segera lakukan perubahan status pegawai.

Demikian, semoga bermanfaat.

[Sumber : forumptk.org]

Share

Leave a Comment